Manfaat Menanamkan Rasa Dermawanan di Bulan Suci Ramadhan

Manfaat Menanamkan Rasa Dermawanan di Bulan Suci Ramadhan
Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu tunggu oleh seluruh umat islam di dunia, selain bulan yang penuh berkah, ramadhan juga bulan yang sangat bagus untuk kita menanamkan jiwa kedermawanan memberi fakir miskin, anak yatim dan orang yang sedang membutuhkan.


Dilansir dari situs www.infaqdakwahcenter.com memang, sesungguhnya kebanyakan manusia tercipta dengan sifat suka berkeluh kesah lagi kikir. Mereka Ketika tertimpa kesulitan hatinya terasa sempit dan mudah berputus asa. dan sebaliknya, jika nikmat didapatnya, ia akan bersikap kikir. Yaitu kikir dari hak Allah dan kikir dari hak sesama.

Baca Juga: Tamu Sederhana yang Memiliki Rahasia Kunci Kesuksesan

Hanya orang yang benar-benar beriman kepada Allah yang bisa menjadi dermawan dan jauh dari sifat kikir. Keridhoan Tuhannya menuntun mereka mengesampingkan kesenangan pribadi mereka sendiri. Selanjutnya, dengan harta yang mereka miliki itu, mereka mencoba memuliakan diri dan menggapai surga. Benarlah kiranya, jika hanya orang- orang yang beriman atas Allah subhanahu wata'ala yang bisa menjadi orang dermawan.

Rasulullah menasihatkan agar harta itu diinfakkan kepada keluarga dekatnya, maka atas nasihat itu Abu Thalhah membagi-bagikannya kepada keluarganya. Dengan sedekahnya itu, maka ia memperoleh dua pahala, yaitu pahala sedekah dan pahala menyambung tali silaturahmi. Dalam suatu hadis disebutkan: “Bersedekah kepada keluarga mendapat dua pahala, yaitu pahala sedekah dan pahala menyambung tali silaturahmi”.

Jiwa kedermawanan, kepekaan sosial, berbagi rezek,i dan tidak terlalu mencintai dunia berlebihan Allah uji di bulan Ramadhan. Allah benar-benar memupuk jiwa kedermawanan ini dengan fasilitas ibadah dan pahala yang berlipat di bulan yang suci.

Menurut informasi yang kami dapatkan dari ddbanten.org menjelaskan Dalam Fiqih Sunnah Sayid Sabiq saya pernah membaca bahwa dalam Alquran ada kurang lebih 82 ayat yang menyatakan kata zakat beriringan dengan shalat. Kalimat “Dirikan shalat dan tunaikan zakat” selalu beriringan dalam ayat-ayat tersebut. Hal ini menerangkan kepada kita betapa kedudukan zakat, infak, dan sedekah sangat penting dan memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan, bukan sekadar habluminallah tapi juga memupuk habluminannas yang erat dan utuh untuk menciptakan kehidupan manusia yang harmonis dan penuh kasih sayang.

Maka, sudah seharusnnya jika kita belajar menanam, memupuk, dan membuat jiwa kedermawanan kita tumbuh subur melalui momentum Ramadhan. Ketika sudah tumbuh subur, maka kedermawanan itu akan menjadi jiwa permanen, jiwa yang tetap dan berlanjut di bulan-bulan lainnya pasca-Ramadhan sampai akhir hayat.

Baca Juga: Bacaan, Do'a dan Tata Cara Sholat Idul Fitri

Dalam Quran Surat Al-Hadid ayat 7 dan 10 dengan jelas Allah menerangkan tentang infak dan sedekah, yang mana apabila kita memberi pinjaman kepada Allah, maka Allah akan menggantinya berkali-kali lipat. Apalagi di bulan Ramadhan bukan hanya diganti berkali-kali lipat, melainkan beratus-ratus kali lipat.

Mari kita pupuk kedermawanan kita di bulan Ramadhan dengan memperbanyak infak, sedekah, dan menunaikan zakat sebagai bentuk kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita para fakir, miskin, yatim, dan dhuafa.

Semoga momentum Ramadhan bisa menjadikan kita manusia yang memiliki kesalehan ibadah berbentuk takwa serta marilah kita berlomba - lomba dalam Kedermawanan. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Islami

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Manfaat Menanamkan Rasa Dermawanan di Bulan Suci Ramadhan"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Pengunjung
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel